Tigorpakpahan’s Weblog

“Instalasi Program Payroll Staff”

Posted on: 23 September 2008


Kemarin tepatnya hari sabtu, 20 September 2008 .. saya mendapat kesempatan untuk menginstal program yang secara teknis sudah siap. Kesempatan ini tidak saya sia – siakan, begitu pulang kantor saya langsung instal program. Program pendukung yang saya gunakan adalah :

  • Microsoft Frame Work 2.0
  • Microsoft Sql Server 2005
  • CRRedist2005_x86 untuk cristall report
  • Install Program SIOP – Payroll

Pertama saya install terlebih dahulu SQl server 2005 nah secara otomatis akan Frame work 2.0 akan terinstal. baru saya install SIOP – Payroll nya. Nah setelah selesai install, saya jalan program SIOP – Payroll untuk mensetting koneksi database alias Utility. Setelah saya set saya mencoba aplikasi baik dari Master, Transaksi dan Laporan.

Untuk menu transaksi dan master tidak ada hambatan, semua berjalan sesuai dengan koadratnya ( di baca semestinya ). Nah pada saat membuka laporan eng..ing,,eng .. langsung muncul pesan Error : meminta kita menginstall dll yang berhubungan dengan Cristall Report. Ternyata saya lupa menginstall “CRRedist2005_x86” , Akhirnya setelah saya install dan saya test berhasil juga akhirnya. sampai tahap proses install aplikasi secara keseluruhan selesai. Tapi sekali lagi ada sesuatu yang membuat saya mengambil keputusan untuk meng UNinstall SQL server 2005 di local di karenakan komputer semakin berat untuk melakukan proses. dan setelah saya Uninstall Sqlserver 2005 LOcal, saya ubah settingan server database ke server database ( server dimana semua database yang berhubungan dengan kebutuhan program kantor) yang ada di Ruangan saya. Hasilnya Proses komputer menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Tak terasa hari sudah menunjukkan jam 4 sore. Waktunya pulang untuk siap 2 bermain Futsal bersama teman – teman. ..  bye,,, bye.. Eh.. lupa terima kasih buat P’ sinterklass ( di baca P’Abraham ) yang udah nemanin saya lembur.

Best regard :

Tigor Pakpahan..

Tinggalkan Balasan

