Tigorpakpahan’s Weblog

Kemarin iseng2 ngotak – ngatik photoshop mau bikin tanda tangan sendiri. tapi hancur gara- gara gambar manual. Capex kemudian hasilnya kurang memuaskan ,, akhirnya minta bantuan ama Mba google … Haa… Ha,,,Ha,,,, dengan keyword ” tanda tangan Online” ribuan website membahas.

Waah singkat cerita .. semuannya pada membahas hal sama dan menyorot satu website yaitu  http://www.mylivesignature.com. Ternyata situs ini memberikan layanan dan fitur untuk membuat tanda tangan digital dan hasilnya amazing ,,,,  bagus banget,walaupun ngga sama dengan tanda tangan sebenarnya.

OK .. kita mulai tutorialnya :

1. Silakan mengunjungi situs http://www.mylivesignature.com.

2. Kemudian klik “start NOw”

3. Tulis nama anda

4. Pilih Font sesuai dengan selera.

5. Pilih ukuran size nya

6. kemudian pilih style yang anda suka,

7. Dan liat hasilnya, kalau mau menggunakan gambar tinggal klik kanan      dan save as.

8. Tapi ada juga fitur untuk generate tag HTML .. jadi bisa di manfaatkan untuk signature di email, seperti email kantor saya ( LotusNote).

Nah untuk script membuat tanda tangan digital di email nanti saya kasih scriptnya…  Akhirnya bisa nulis lagi ,, setelah sekian lama Vakum. maaf  jika artikel ini sudah kono, lebih baik kuno khan dari pada ngga tau sama sekali ,,, xixixi. O..iya contoh tanda tangan digital bisa di lihat di bawah ini ,,, ada tanda tangannya kha,,, xixixi . GBU alll

Best Regards,
my signature
Tigor Pakpahan

Apakah Anda seringkali bersitegang dengan dia karena hal-hal yang tidak Anda ketahui sebabnya? Atau, tiba-tiba si dia mendadak diam seribu bahasa, tanpa Anda tahu alasannya. Jika ya, ini berarti Anda belum memahami ‘bahasa’ pasangan seutuhnya.

Ya, meski Anda menggunakan bahasa yang sama saat berkomunikasi dengan si dia, bukan berarti makna di balik pemilihan kata di ucapannya sama dengan apa yang Anda pikirkan. Atau, apa yang Anda maksudkan melalui kata-kata tertentu, sama dengan apa yang ia pahami.

Lantas, bagaimana cara memahami ‘bahasa’ si dia? Perlu Anda ketahui, bahwa wanita dan pria memiliki struktur otak yang berbeda. Inilah mengapa pria dan wanita kerap ‘tidak nyambung’ saat berkomunikasi, meski memakai bahasa yang sama.

Dan, jika sudah ‘tidak nyambung’, wanita yang lebih sering mengandalkan apa yang dirasakan (emosi) ketimbang apa yang ia ketahui (logis) itu, biasanya memilih untuk berdiam diri ketimbang melanjutkan konflik. Itulah sebabnya, jika Anda bertanya, “Apa salahku?”, mereka akan menjawab, “Coba saja kamu pikirkan sendiri!”

Sejak kecil, wanita memiliki kecenderungan untuk menjalin relasi dengan berkelompok. Bagi mereka, hubungan baik adalah segala-galanya. Itulah mengapa gadis-gadis kecil jarang terlibat konflik dengan teman-teman sebayanya. Mereka sangat menghargai hubungan pertemanan dan persahabatan.

Konflik sekecil apapun, yang ditandai dengan saling melemparkan argumentasi, membuat mereka merasa tak nyaman. Dengan menyuruh Anda memikirkan apa salah Anda, ketimbang memintanya untuk beragumentasi, ia berharap dapat terhindar dari konflik yang lebih besar. Intinya, dia enggan untuk beradu pendapat dengan Anda!

Wanita, tidak sama seperti lelaki saat mengungkapkan kata-kata. Jika Anda memilih untuk berkata ‘A’, maka ‘A” adalah apa yang Anda pikirkan. Sedangkan wanita, bisa mengatakan ‘B’ dan ‘C’, untuk menggambarkan ‘A’ dalam benaknya. Contohnya, jika seorang wanita diminta komentarnya mengenai blus terbaru yang dikenakan sahabatnya, ia akan berkata, “Blus itu memang cantik, tapi kamu jauh lebih menarik jika mengenakan blus bermodel bla… bla.. bla…”

Beda dengan pria yang kemungkinan besar akan berkata seperti ini, “Blus itu jelek, kamu tidak pantas memakainya,” atau, “Kenapa kamu membuang-buang uang dengan membeli blus semacam ini?”

Kini Anda tahu bukan, mengapa wanita seringkali cemberut saat Anda mengomentati penampilannya? Bisa jadi Anda bermaksud baik dengan mengatakan yang sejujurnya, dengan mengatakan ‘jelek’ sebagai ‘jelek’ tanpa tedeng aling-aling. Tapi bagi dia, kata ‘jelek dapat berarti ‘luar biasa jelek sehingga tidak bisa dimaafkan’.

Kasus lainnya, ia mungkin merasa keberatan dengan salah satu karakter atau tabiat buruk Anda. Tapi karena ia berusaha keras untuk menjaga perasaan Anda, ia pun memilih kata-kata yang halus untuk menggambarkan keberatannya. Karena terlalu halusnya, Anda mungkin tidak menemukan kata-kata apa yang menggambarkan ketidaksetujuannya terhadap perilaku Anda. Akibatnya Anda terus melakukan hal itu berulang-ulang, dan ia pun terus menyimpan kekecewaannya yang sama. Puncaknya, ia pun tiba-tiba marah besar terhadap Anda.

Jadi, tidak mudah untuk memang untuk memahami ‘bahasa’ si dia? Tapi, jika Anda memahami analogi bahwa wanita bagaikan kupu-kupu, dan pria bagaikan badak, kami yakin Anda sudah memiliki kunci untuk memahami ‘bahasanya’.

(Di kutip dari “www.glministry.com”)

Senangnya akhirnya bisa jadi sarjana, Alhasil dari di belakang nama bisa di tambahkan embel2 . Skom. Setelah sekian lama berjuang, ya kira2 2 tahun lamanya ( nyambung dari D2 ) bisa meraih salah satu prestasi dalam hidup ku. Banyak suka dan duka yang saya hadapi beruntung saya punya Juru selamat ” Jesus christ” , Keluarga dan temen – temen seperjuangan baik di kuliah maupun yang ada di kost.

Sukanya disaat kita bisa ngumpul trus ngobrol – ngobrol , saling berbagi pengalaman kerjaan , karena rata – rata mahasiswa yang ada pada kerja. Yang paling lucu, Kalau ada tugas, sumber cuma satu tinggal copy aja. Jadi jawaban nya sama semua. Ha,, ha,, ha,, ! Tapi paling enak kalau ketemu yang namanya kalkulus ..Busyet .. mana otak udah mandek alias Vakum dalam hitungan (exsak) selama dua tahun. (khan saya lulus D2 tahun 2004 br nyambung lagi S1 tahun 2006) jadi harus baca dan latihan .

Dukanya .. Kalau ketemu ama dosen yang pelit .. wah bisa berabe.. harus sering masuk .. tau sendiri kita khan rada malas . Tapi pas ujian kita bisa dong ,,, ( sombong …. maksudnya bisa di paksain maksud). Jadi harus baik2 in dosen deh, ya Camuk lah . Tapi yang paling sedihnya, kalau tiba – tiba masuk trus ke sektetariat kampus dan dapat berita terakhir pembayaran kuliah seminggu lagi sekaligus dengan biaya apa gitu , misalnya seminar .. nah mulai dah kelimpungan. Saya dan temen – temen mulai pasang muka sedih alias pusing 7 keliling. Habis mau cari kemana duit. Tapi Itulah Karunia Tuhan, Selalu ada jalan entah itu ngutang, trus ada simpanan yang tak terduga. apa lah .. jadi bisa kebayar. .

Tapi baik duka maupun suka semua menjadi kenangan yang indah dalam hidup ku. karena tanggal 18 Oktober 2008 kemarin saya sudah menjadi sarjana dan berhak menyandang gelar sarjana komputer ( Skom ) . Thank’s god, mom, dad , sister, brother ,Beatiful girl and my friend. JBu  sarjana

facing_the_giants_2006

Keren, Dahsyat dan Menyentuh ….

Itulah kata2 yang terucap dari dalam hati saya, Ketika saya menonton film ini. Ternyata cerita yang saya dengar dari temen dan saya lihat di internet sampai akhirnya saya menontonnya. Saya menonton film ini bersama dengan temen – temen kost saya.

Ternyata seorang yang tiap harinya cuek terhadap Tuhan, berandal setelah menonton film ini sampai meneteskan air mata ( walaupun tidak diakuinya ) dan baru kali itu saya melihat mereka menetes air mata hanya karena sebuah film. Tapi jujur saya juga meneteskan air mata.

Film ini merupakan film rohani yang di impelementasikan ke dalam kehidupan sehari – hari. Dalam hal ini adalah sebuah olahraga kesukaan orang amerika apalagi kalau bukan “Ruby”. Ya, olahraga yang penuh dengan kekerasan, ambisi dan emosional.

Film ini menceritakan tentang seorang pelatih “Ruby”, yang selalu mengalami kegagalan dalam setiap turnamen. Bahkan itu berlangsung lama yaitu 6 tahun berturut – turut mengalami kegagalan. Bukan hanya gagal sebagai pelatih, dia juga gagal dalam keluarga, dia tak bisa mencukupi kebutuhan istrinya dan yang paling menyedihkan dia tidak dapat memberikan istrinya keturunan.

Sampai suatu hari, seorang pendeta sekolah yang setiap hari selalu mendoakan pelajar yang ada di sekolah dengan menjamah looker 2 pelajar sambil berdoa, datang kepada nya dan memberikan ayat dalam wahyu 3 : 8 yang berbunyi :
“Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku. “

Dan dia menambahkan “ Tuhan belum selesai kepadamu, dia masih membukakan pintu untuk mu “. Setelah mendengarkan hal itu, dia langsung menerima yesus sebagai juruselamat. Dan dia menerapkan pengajaran kristus di dalam team ruby dan keluarganya

Apa yang terjadi setelah ia menerima yesus ?…
Sebaiknya anda menonton sendiri film ini, bagi saya film yang memberikan saya banyak inspirasi dan berkat.

Terima kasih buat :

 apara saya “ Dicky Pakpahan” yang udah memberikan saya film ini.
 Apara saya juga, sekaligus temen seperjuangan “ Okta” yang udah menyediakan tempat untuk menonton.
 “Noven” yang menceritakan ulasan film ini jadi saya tertarik.
 “Bang Bro” yang selalu memberikan penjelasan setiap ada moment penting saat menonton.
 Dan temen2 kost lain …

GOD BLESS U ALL…..

TuhanLahGembalaKu
Sahabatku terkasih,

Seperti kalian ketahui, kita semakin dekat dengan hari ulang tahun-Ku.
Setiap tahun ada suatu perayaan khusus demi menghormati-Ku, dan Aku pikir
tahun ini perayaan ini juga akan dirayakan.

Pada masa ini banyak orang berbelanja hadiah-hadiah, banyak iklan-iklan di
radio dan televisi, dan di segenap penjuru dunia orang berbicara mengenai
hari ulang tahun-Ku yang semakin menjelang.

Sungguh menyenangkan tahu bahwa, setidaknya setahun sekali, orang berpikir
tentang Aku.

Seperti kalian tahu, perayaan hari ulang tahun-Ku dimulai bertahun-tahun
yang silam.

Pada awalnya, orang tampaknya mengerti dan mengucap syukur atas segala
yang telah Aku lakukan bagi mereka, tetapi pada masa sekarang, tak seorang
pun tampaknya tahu alasan perayaan ini.

Sanak saudara, teman dan sahabat, berkumpul bersama dan bergembira ria,
tetapi mereka tak mengerti makna perayaan. Aku ingat, tahun lalu ada suatu
perayaan besar demi menghormati-Ku. Meja perjamuan penuh dengan sajian
makanan yang lezat, kue-kue, buah-buahan, beraneka macam permen! dan
coklat. Dekorasinya sungguh indah menawan, dan ada banyak?banyak sekali
hadiah-hadiah yang dibungkus cantik.

Tetapi, adakah kalian tahu? Aku tidak diundang.

Aku adalah tamu kehormatan dan mereka bahkan tidak ingat untuk
mengirimi-Ku undangan.

Pesta itu untuk-Ku, tetapi ketika hari besar itu datang, Aku dibiarkan di
luar; mereka menutup pintu di depan muka-Ku ? padahal Aku begitu ingin
bersama mereka, duduk dan makan bersama mereka.

Sesungguhnya, hal itu tidaklah mengejutkan-Ku, sebab beberapa tahun
belakangan ini, semuanya menutup pintu bagi-Ku. Karena tak diundang, Aku
memutuskan untuk ikut dalam pesta tanpa menarik perhatian. Aku masuk dan
berdiri di pojok.

Mereka semuanya minum-minum; sebagian bahkan mulai mabuk dan melontarkan
gurauan-gurauan dan menertawakan segala sesuatu. Sungguh, mereka riang-ria
dalam pesta-pora.

Di puncak acara, seorang tua yang besar dan gendut berpakaian serba merah,
berjanggung putih panjang, memasuki ruangan sembari berseru Ho-Ho-Ho!
Tampaknya ia mabuk. Ia duduk di atas sofa dan anak-anak berlarian
menyonsongnya, seraya berseru, ?Santa Claus, Santa Claus?; seolah pesta
ini untuknya!

Tengah malam semua saling berpelukan satu sama lain. Aku juga merentangkan
tangan-Ku berharap seorang memeluk-Ku. Dan tahukah engkau, tak seorang pun
datang untuk memberi-Ku pelukan.

Lalu, mereka mulai membagi-bagikan hadiah. Mereka membuka kado
masing-masing dengan penuh rasa ingin tahu. Ketika semuanya telah
mendapatkan bagian, Aku mencari-cari, mungkin, ada satu hadiah untuk-Ku.
Bagaimanakah gerangan perasaanmu ketika pada hari ulang tahunmu semua
orang saling berbagi hadiah sementara engkau sendiri tidak mendapatkan
apapun?

Sebab itu, Aku mengerti bahwa Aku tidak dikehendaki dalam pesta itu, dan
Aku pun meninggalkan pesta diam-diam.

Setiap tahun, keadaannya semakin parah. Orang hanya ingat hadiah, pesta,
makan dan minum; tak seorang pun ingat akan Aku.

Aku rindu Natal ini engkau membiarkan-Ku masuk dalam hidupmu.
Aku rindu engkau mengenali kenyataan bahwa lebih dari duaribu tahun yang
lalu, Aku datang ke dalam dunia demi memberikan nyawa-Ku bagi kalian, di
salib, demi menyelamatkan kalian.

Hari ini, Aku rindu kalian meyakini hal ini dengan segenap hati.

Aku rindu berbagi dengan kalian. Karena begitu banyak orang tak hendak
mengundang-Ku ke pesta mereka, maka Aku akan menyelenggarakan pesta-Ku
sendiri, suatu pesta agung seperti yang tak pernah dibayangkan orang,
suatu pesta yang spektakuler. Sekarang Aku sedang melakukan
persiapan-persiapan terakhir.

Hari ini Aku mengirimkan banyak undangan, juga untukmu. Aku rindu
mengetahui apakah engkau bermaksud datang. Aku akan menyediakan tempat
bagimu dan menuliskan namamu dengan huruf-huruf emas dalam buku tamu-Ku.

Hanya mereka yang ada dalam daftar tamu akan diundang ke pesta.

Mereka yang tidak menjawab undangan ini akan tinggal di luar. Bersiaplah,
sebab ketika semuanya telah siap, engkau akan menjadi bagian dari pesta
agung-Ku.

Sampai jumpa. Aku mencintaimu!

Tertanda,
Yesus

Ini suatu kata yang taka sing kita dengar. Bahkan bias – bias kita udah bosan mendengarkan kata – kata ini . Seperti di gereja, konseling dan lain. Tapi heran nya walaupun kita sering mendengarkannya, tapi kita tidak mempercayainya 100 % . kita sering mengeluarkan kata – kata “ Ini tidak adil, Tuhan tidak adil .. dimana DIA di saat aku membutuhkanNYA”. Dari perkataan itu saja kita dapat menilai bagaimana kita tidak mempercayai Yesus sebagai Juru selamat dan Tuhan tidak tahu mana yang terbaik buat kita.

Kemarin .. tepatnya minggu 10 November 2008, saya ibadah di Gereja GPIB Kelapa dua Depok. Saya masuk ibadah jam 17:00. Gereja GPIB mempuyai 4 jadwal ibadah Di hari minggu yaitu :
 Jam 06:00
 Jam 09:00
 Jam 17:00
 Jam 19:00
( Jadi bagi para pengikut kristus terutama yang ada di depok (selain depok juga bisa) dapat beribadah di GPIB – Gideon Kelapa dua , Depok ( dekat brimob kelapa dua ) biar kita bisa memuliakan Tuhan bersama – sama )

Kembali ke tulisan… Pada hari itu ada khotbah yang singkat dan sangat menarik buat saya. Pendeta ( saya lupa namanya ..karena berasal dari gereja GPIB lain) memberikan suatu ilustrasi yang sangat sederhana sampai anak kecil pun mengerti. Begini Ilustrasinya:

Pada suatu Hari ada seorang petani sedang bekerja di ladangnya. Hari semakin siang, dan petani ini memutuskan untuk beristirahat sambil menyantap bekal makan siangnya? Ia memutuskan untuk beristirahat di sebuah pohon beringin yang besar rindang dan dia berteduh di sana. Trus dia berbaring dan memadang ke depan, Ia melihat pohon semangka yang kecil dengan buahnya yang besar.. Setelah melihat pohon semangka itu, dia melirik ke atas dan melihat pohon beringin dengan buat yang kecil berbanding terbalik dengan buah semangka. Kemudian dia bergumum “ Tuhan tidak adil, masa pohon sebesar ini (beriingin) buat nya kecil sedangkan dia (semangka) buahnya besar.. Ini benar – benar tidak adil “ sambil menggelengkan kepala. Lalu karena rindangnya pohon beringin dia tertidur. Tiba – tiba buah beringin yang kecil jatuh dan tepat mendarat di hidung si petani.. Dia kaget dan bangun , dan melihat buah beringin tadi kemudian dia bersujud dan meminta maaf kepada Tuhan…

Mengapa Petani minta maaf ?? Jawabannya : Coba Tuhan menuruti keinginan petani yaitu Pohon beringin yang besar harusnya buahnya besar.. Maka bisa – bisa petani tadi mati karena tertimpa buah sebesar semangka dari ketinggian.

Jadi Tuhan itu tau yang terbaik buat kita, Tuhan memciptakan pohon beringin yang besar, rindang dan buahnya kecil karena yang di butuhkan kita hanya rindang pohon untuk berteduh maupun beristirahat.

Sedangkan Tuhan menciptakan semangka dengan buah yang besar karena yang di butuhkan disini adalah buahnya untuk melepaskan haus dan lapar.

JADI SEKARANG KITA HARUS PERCAYA BAHWASAN NYA TUHAN TAHU YANG TERBAIK BUAT KITA . TUHAN MEMBERKATI.

Best Regard

(Tigor Pakpahan)

Hari ini ada test buat anak masuk kerja tahap pertama. Pelamar ada 4 orang dan mereka di test teori. Setelah pelamar selesai test otomatis di kumpulin dong. Nah diantara test itu ada mengenai ( baca = menyinggung ) Sql server, Kebetulan saya mendapat kesempatan dari bos buat memeriksa hasil test yang ada hubungannya dengan SQL SERVER.

Salah satu pertanyaan yang membuat saya penasaran adalah ” Perbedaan antara type char dan Nvarchar di Sql server ” ? setahu saya ini keduanya memiliki type yang sama yaitu “karakter” dan sizenya nya bisa kita atur. lalu apa yang membedakannya ya ? karena penasaran saya search aja di Mba google.

Yang nama nya mba google apa sih yang ngga ada ( karena kita ketik kata yang kita cari bener ). Setelah menbaca akhirnya saya mengetahui apa yang menjadi perbedaan keduanya.

Perbedaan nya :

 Type Char adalah Type karakter dalam sql server dimana panjang karakternya tetap. Artinya bila kita memberikan length 10 , maka memori komputer akan mengalokasi sebanyak 10 karakter, walaupun kita hanya menggunakan kurang dari 10 tetap aja dialokasi untuk 10.

 Type Varchar adalah Type karakter dalam sql server dimana panjang karakternya tidak tetap. Artinya bila kita memberikan lenght 6, sementara kita hanya menggunakan 3 karakter maka komputer akan mengalokasikan sebanyak yang kita gunakan aja yaitu 3

Tapi gimana kalau kita input lebih dari yang kita alokasikan … ha..ha.. ya pasti error lah dengan message : “String or binary data would be truncated”. itu artinya kita input data melebih kapasitas yang di alaokasikan

Akhirnya dapat teori yang baik untuk penilailan. Terima kasih teorinya Char & Varchar

Met sore,,,